Nasi Goreng

Indonesia adalah negeri nyang indah, dikaruniai berbagai pemandangan alam yang elok. Dari gunung, lembah, dataran rendah, hingga lautan, semua tidak ada yang tersia-sia, diciptakan dengan begitu indah. Tidak heran semakin banyak penduduk mancanegara yang tergoda untuk singgah walaupun sekedar menikmati pemandangan tersebut. tempat-tempat yang menjadi favorit turis mancanegaran antara lain bali, terutama pantai dan desa tradisonalnya, lalu Lombok, puncak bogor, taman laut Bunaken, dan masih banyak lagi. objek wisata tersebut sangat terkenal sehingga mereka yang datang tidak hanya satu atau dua kali, namun banyak turis yang hampir setiap liburan menyempatkan waktu datang, bahkan sampai ingin tinggal di Indonesia.


Terdapat banyak aspek yang menarik para turis untuk datang ke Indonesia. Yang pertama tentu pemandangan alamnya yang bukan main, seperti telah saya sebutkan tadi. Yang kedua aneka ragam budaya yang unik serta keramahan penduduk yang membuat mereka nyaman. Mulai dari ukiran, tenun, upacara-upacara adat, hingga berbagai lagu nan indah. Rasanya belum lengkap apabila mereka berkunjung ke Indonesia namun tidak membawa cinderamata baik berupa foto maupun souvenir khas yang lain.  Dan aspek yang tidak kalah penting tentu saja adalah kulinernya. Masakan Indonesia dari setiap daerah memiliki ke khasan tersendiri, karena bumbu-bumbu yang digunakan dan selera masyarakatnya juga beraneka ragam. Namun terdapat satu jenis hidangan yang umum dikonsumsi, diterima oleh berbagai kalangan dan berbagai suku bangsa, dan menjadi kegemaran semua orang, tak terkecuali turis mancanegara. Hidangan ini sederhana, namun rasanya benar-benar tidak sederhana, yaitu nasi goreng.

Nasi goreng sebagai salah satu makanan favorit tourist mancanegara yang berkunjung ke Indonesia bukan hanya bualan semata. Park Jongmin, salah satu member boyband asal negeri ginseng SS501 mengaku bahwa makanan favoritnya saat berkunjung di Indonesia adalah nasi goreng. Kemudian Lee Teuk, pemimpin dari Super Junior juga berpendapat yang sama. Menurut mereka, nasi goreng memiliki citarasa yang lezat dan unik. Bahkan Barrack Obama yang dahulu pernah tinggal di Indonesia mengaku tidak dapat melupakan kelezatan nasi goreng dan berniat mencoba lagi bila berkunjung ke Indonesia.

Begitu banyak penggemar hidangan sederhana ini, sehingga tidak heran apabila malam tiba, sepanjang jalan dipenuhi tenda-tenda yang menjual nasi goreng. Biasanya para pedagang menjualnya secara langsung, begitu ada pelanggan yang memesan, mereka akan menyiapka wajan, sambal, bumbu, kemudian menggoreng nasi secara langsung. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan tetap menikmati kelezatan nasi goreng saat baru matang atau baru dihidangkan. Tentunya hidangan yang sudah dingin akan mengurangi kelezatan nasi goreng. Proses pemasakan nasi goreng juga tidak memerlukan waktu yang lama, dapat juga dilakukan sekaligus untuk beberapa porsi.

Di hotel berbintang yang biasa menjadi tempat singgah wisatawan tentu menyediakan nasi goreng sebagai menu utama. Alasannya selain penyajian yang cepat dan praktis, sudah terbukti digemari oleh konsumen. Biasanya nasi goreng yang digemari wisatawan adalah yang bersifat original, belum dimodifikasi, karena mereka masih berada dalam tahap mencoba. Lain hanya dengan wisatawan Indonesia yang sudah terbiasa makan nasi goreng, tentu menuntut hal yang lebih istimewa. Untuk itu sekarang mulai dikembangkan nasi goreng kambing, nasi goreng bumbu xxxx, nasi goreng soziz pedas, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk memuaskan konsumen yang menuntut keistimewaan dalam setiap jenis hidangan, salah satunya nasi goreng. Dengan perkembangan dan modifikasi tersebut, semakin banyak pula penggemar nasi goreng yang datang dari berbagai penjuru dunia.


Leave a Reply