Bubur Ayam Cirebon

Sudah menjadi pengetahuan dasar bagi semua orang. Anak SD pun tahu dan diajarkan bahwa Indonesia adalah negeri kepulauan dengan berbagai macam suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki karakteristik kebudayaan masing-masing yang berlainan satu sama lain. Mulai dari bahasa, pakaian adat, upacara, cara berperilaku, norma dan peraturan dasar, serta cara memutuskan konflik juga sangat beraneka ragam. Satu perbedaan dasar yang menjadi keunikan sebuah kebudayaan adalah mengenai selera, tak terkecuali selera  pada makanan. Etnis daerah tertentu memiliki selera makanan yang pedas, daerah tertentu menyukai makanan manis, ada pula yang harus menyertakan bumbu special atau rempah-rempah pilihan dalam setiap hidangan, dan masih banyak lagi.


Keanekaragaman pada selera makanan terimplementasi pada perwujudan hidangan khas kebudayaan mereka. Bumbu-bumbu special turut menambah citarasa hidangan untuk menghidupkan karakteristik kebudayaan mereka. Dan karena Indonesia terdiri dari berbagai daerah, maka kuliner Indonesia pun sungguh merupakan kekayaan tak ternilai. Dari Sabang sampai Merauke kuliner Indonesia memiliki citarasa berbeda,  sayang sekali apabila Anda sebagai salah satu warga Negara Indonesia tidak mencintai atau sekedar mengetahui kuliner Indonesia. Bahkan warga Negara asing pun takjub dan selalu ingin mencoba kuliner Indonesia, dan apabila sudah mencoba, mereka akan datang lagi untuk mencoba yang lain. Mereka kembali ke Negara mereka untuk mengembangkannya resep kuliner yang unik, atau bahkan tinggal di Indonesia untuk mempelajari lebih dalam kuliner Indonesia.  Sehingga sebagai warga Negara yang baik, tidak ada salahnya kita mengetahui berbagai kuliner Indonesia yang unik.

Untuk mengetahui berbagai kuliner Indonesia, tentunya anda membutuhkan banyak sumber Informasi. Informasi mengenai masakan apa saja yang ada di Indonesia, seperti apa wujudnya, apa keunikannya, dan yang terpenting bagaimana rasanya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu membanjiri rasa ingin tahu Anda. Sehingga saat ini kecap bango hadir dengan mempersembahkan informasi kuliner Indonesia yang anda butuhkan. Informasi tersebut dapat diperoleh dari berbagai media, mulai dari televisi melalui iklan dan program masak-memasak, kemudian dunia maya  melalui website yang menarik, melalui kemasan kecap bango, dan secara langsung di stand acara-acara yang disponsori atau diselenggarakan oleh kecap bango. Cukup membantu bukan? Anda tidak perlu pusing-pusing bertanya pada banyak orang, merogoh saku anda untuk membeli buku kuliner, karena berbagai informasi bisa anda dapatkan dari berbagai media.

Persembahan informasi kuliner tersebut bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia pada kuliner di negaranya sendiri, sekarang banyak sekali restaurant luar negeri yang menawarkan berbagai masakan asing, sehingga minat masyarakat Indonesia dengan makanan khas negaranya sendiri menjadi berkurang. Mereka cenderung ingin mencoba makanan asing karena penasaran, atau sekedar ingin dipandang keren saja. Dengan berbagai informasi tersebut, diharapkan masyarakat menjadi lebih tahu dan lebih mengenal masakan Indonesia, dengan lebih mengenal maka akan menjadi lebih cinta. Karena sebenarnya banyak sekali masakan Indonesia yang sangat unik dan memiliki citarasa lezat.

Secara tidak langsung, informasi kuliner dari bango juga membantu mempromosikan Indonesia terutama kulinernya ke dunia luar. Siapa yang tidak penasaran melihat masakan yang pengolahannya, bumbunya, bahkan tampilannya saja sudah unik. Dan siapa yang tidak penasaran untuk berkunjung ke Negara dimana terdapat banyak sekali masakan unik. Setelah mereka tertarik untuk berkunjung ke Indonesia, mereka juga akan lebih mengenal keanekaragaman kebudayaan yang ada di Indonesia, hal ini dapat meningkatkan citra Indonesia di mata Internasional. Berbagai aspek didapatkan dari persembahan informasi kuliner oleh bango.


Leave a Reply